Fakta unik dan menarik seputar Hujan yang wajib diketahui

Fakta unik dan menarik seputar Hujan yang wajib diketahui -Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair yang lainnya seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan bumi.

Fakta unik dan menarik seputar Hujan yang wajib diketahui

Di bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer yang menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. (Wikipedia).

Berikut ini, TulisanKu akan coba merangkum beberapa Fakta unik dan menarik seputar Hujan yang wajib diketahui.

1. Kecepatan rata-rata tetes air hujan yang jatuh ke bumi adalah 8-10 km / jam. Namun kecepatan ini juga sangat dipengaruhi oleh angin serta kondisi suatu wilayah. Bahkan dalam kondisi tertentu, kecepatannya bisa berubah hingga 35 km / jam.

2.  Saat berada di atas, komponen air hujan masih berbentuk es atau kristal, sebelum turun ke bumi dan berubah bentuk menjadi tetes-tetes air hujan atau tetap menjadi es atau salju. Hal ini terjadi jika suhu di bumi tinggi, maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air, namun jika suhu di bumi rendah, maka akan tetap turun sebagai salju.

3. Setiap tetes air hujan memiliki diameter bervariasi, antara 0,02 inci sampai 0,031 inci.

4. Setiap detik, ada sekitar 16 juta ton air yang menguap dari permukaan bumi sebagai bahan untuk hujan. Jumlah ini akan turun kembali ke bumi dalam bentuk hujan setiap detik nya pula. Air terus berputar dalam daur yang seimbang. Proses ini menunjukkan bagaimana alam melakukan keseimbangan.

Baca juga : Fakta Unik dan Menarik tentang Bakteri E.Coli

5. Air umumnya jatuh ke bumi dalam kecepatan rendah. Hal ini dikarenakan hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang rendah.

6. Bentuk dari air hujan akan berubah bentuk hingga retusan kali dalam satu detik. Jadi, merupakan salah satu anggapan yang salah jika kita selalu mengira kalau air hujan yang turun tersebut selalu berbentuk bulat.

7. Ada wilayah di bumi yang selalu mengalami turunnya hujan sepanjang tahun, tepatnya di Mt. Waialeale di Kauai, Hawaii.

Lainnya : Inilah Fakta Unik tentang Bill Gates diluar Kekayaannya

8. Setiap kali setelah turun hujan, selalu tercium aroma yang dikenal dengan nama aroma alami bumi. Sebenarnya aroma ini merupakan senyawa yang dimanakan Petrichor yang dikeluarkan oleh tanah, ilalang dan rerumputan.


Fakta menari lainnya seputar hujan.

1. Payung yang kita lihat sehari-hari sebenarnya diciptakan pertama kali untuk melindungi manusia dari terik matahari yang panas, bukan untuk melindungi diri dari hujan.

2. Berdasarkan penelitian, hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan manusia pada masa lalu. Itulah sebabnya mengapa disaat hujan, manusia seringkali menemukan inspirasi-inspirasi yang cemerlang.

Lainnya : Perilaku aneh ini akan terjadi saat kita tidur

3. hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, di waktu hujan turun adalah waktu yang mustajab untuk melantunkan do`a kepada Yang Maha Kuasa.
Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.

Seharusnya, dikala hujan turun, kita bukannya harus mengeluh karena merasa mengganggu aktivitas kita, melainkan kita harus bersyukur, karena itu merupakan suatu berkah yang besar untuk kita.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel