Perilaku aneh ini akan terjadi saat kita tidur

TulisanKu - Tidur adalah peristiwa yang biasa-biasa saja. Tetapi, beberapa diantara kita pernah merasakan hal aneh disaat tidur yang membuat kita jadi panik dan resah. Namun itu termasuk hal yang normal dan tidak perlu dicemaskan.

Perilaku aneh ini akan terjadi saat kita tidur

Berikut beberapa fakta mengenai Perilaku aneh yang akan terjadi saat kita tidur.

1. Terasa ingin jatuh

Ini dikenal dengan nama Hypnagogic jerk, yang terjadi karena anda terlelu lelap. Biasanya jika sedang bermimpi, tubuh akan terasa lumpuh. Namun, anda mulai bermimpi sebelum dalam keadaan mode off. Menurut penasihat tidur Menshealth, W. Christopher Winter M. D. , Hympagogic jerk bisa memnuat orang seperti mimpi jatuh dari tebing, dari langit ataupun tersandung.

2. Tidur lumpuh

Anda mulai bangun di pagi hari dan menyadari bahwa otot anda tidak bisa digerakkan dan tidak bisa berbicara. Ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, dan itu memang sangat menakutkan. Pada dasarnya, ini merupakan kebalikan dari Hympagogic jerk.

" Anda mungkin saja seperti tidak bisa bernafas. Banyak orang yang menggambarkan ibarat seekor gajah sedang duduk di dadanya. Itu dikarenakan semua otot yang mengontrol pernapasan masih lumpuh kecuali diafragma. " Ujar Dr. Winter.

3. Tidur berjalan ( sleepwalking )

Resep obat untuk bantuan tidur ambeien dihubungkan dengan beberapa insiden sleepwalking yang lebih aneh, termasuk memasak, makan besar dan mengemudi sambil mabuk. Ini bahkan apabila anda terjaga dimalam hari. Obat membuat otak anda di bius sehingga anda masih dalam keadaan tidak sadar.

" Dengan sleepwalking, anda sedang tidur dan tubuh bergerak, tetapi tidak cukup bagi otak anda untuk terjaga. " Ujar Dr Winter.

4. Tidur berbicara ( sleeptalking )

Menurut American Academy of Sleep Medicine, Sekitar 5 persen orang dewasa berbicara saat tidur.  Sebagian besar durasi berbicara ini hanya selama 30 detik.

" Sering terjadi pada satu jam pertama atau dua jam diawal tidur. Ketika tubuh anda sedang memasuki tahap tidur nyenyak, tapi masih ada otot yang cukup untuk menghasilkan suara atau gerakan yang menyertai mempi. " Kata Dr. Winter.

5. Mimpi yang berulang

" Bermimpi merupakan cara bagi otak untuk memilah hal-hal yang dibutuhkan untuk mengevakuasi dan memproses sebelum menjadi kenangan. Mimpi yang berulang mungkin menjadi masalah psikologis yang belum terselesaikan di otak anda yang selalu berusaha untuk memilah-milah. " Kata Dr. Winter.

 Seringkali mimpi yang terjadi berulang, didasarkan pada kenyataan. " Apabila anda dirampok, anda mungkin memutar ulang selama tidur sehingga anda mengatasinya. " Pungkasnya.

6. Sindrom kepala meledak

Hanya namanya saja yang aneh. Sindrom biasanya dirasakan oleh orang-orng yang tiba-tiba bangun setelah mendengar suara yang keras seperti ledakan, kilatan cahaya ataupun perasaan kepala meledak.Sindrom ini merupakan jenis dari Hypnagogic jerk yang mirip seperti perasaan jatuh.

 " Pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar terjadi. " Kata Dr. Winter.

7. Seks tidur

Penelitian yang dilakukan di University Healt Network, Toronto, terhadap 800 pasien lebih dipuast gangguan tidur menyebutkan, sekitar 8 persen pasien melaporkan mengalami insiden Sexsomnia, yakni melakukan hubungan sex disaat mereka tertidur.

Itulah sekilas info seputar Perilaku aneh ini akan terjadi saat kita tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel