Inilah Terowongan terpanjang di dunia

Inilah Terowongan terpanjang di dunia - Norwegia adalah negara dengan pemilik terowongan terpanjang di dunia. Terowongan yang diberi nama Laerdal ini menjadi penghubung antara desa-desa di Laerdal dan Aurland, juga menjadi penghubung antara ibukota Oslo dengan Bergen dan kota terbesar di Bergen, Norwegia. Terowongan sendiri dibangun pada tahun 1992 silam.

Inilah Terowongan terpanjang di dunia
Inilah Terowongan terpanjang di dunia
Yang menjadi bahan pemikiran saat proses pembangunan terowongan ini adalah, bagaimana cara membuat para pengendara yang melewati terowongan ini tetap terkendali, karena harus berkendara selama kurang lebih 20 menit secara monoton. Ini wajar jadi bahan pemikiran, karena bisa saja menimbulkan kecelakaan karena konsentrasinya berkurang.

Untuk itulah mereka membangun tikungan halus di antara jalur yang membentang lurus, dan setiap interval 6 kilometer, akan ditemukan gua besar. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kebosanan para pengendara, memberi pandangan yang melegakan serta memungkinkan mereka untuk beristirahat. Selain itu, di siang hari cahaya putih pada dinding serta lampu biru dan kuning dibuat untuk ilusi para pengemudi.

Terowongan ini memiliki instalasi pengolahan air yang berguna untuk menghilangkan debu beserta Nitrogen Dioksida di dalamnya. Udara dari kedua intu masuk akan dikeluarkan melalui ventilasi sepanjang 18 kilometer yang terletak di ujung terowongan di Aurland.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel