Tips agar tetap kuat puasa walau tanpa sahur

 Tips agar tetap kuat puasa walau tanpa sahur - Bulan Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan penuh berkah ini, semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Dalam tradisi puasa, ada yang namanya makan sahur dan berbuka. Walaupun makan sahur bukanlah kewajiban, tapi sangat disarankan supaya menambah stamina dan kekuatan kita terhadap lapar dan haus saat puasa.

Tips agar tetap kuat puasa walau tanpa sahur

Berikut ini beberapa Tips agar tetap kuat puasa walau tanpa sahur.

1. Kuatkan niat

Meskipun anda tidak sempat makan sahur karena tidak sengaja, kuatkan niat anda. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda akan baik-baik saja dan bisa menjalankan ibadah puasa meskipun tanpa makan sahur terlebih dahulu.

2. Atur jadwal kegiatan anda

Anda bisa coba kembali untuk mengatur jadwal kegiatan anda. Perkirakan lagi apakah anda tetap bisa melakukan semua kegiatan anda dengan efektif, tanpa merasa terlalu lelah dan pusing.

3. Carilah kesibukan

Salah satu cara untuk mengatasi lapar adalah dengan mengalihkan pikiran anda. Carilah kesibukan yang membuat anda menjadi tidak fokus terus-menerus untuk menunggu buka puasa.

4. Perbanyak ibadah

Daripada terus-terusan berkeluh-kesah karena melewatkan makan sahur, Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk beribadah. Beribadah disini bukan hanya sekedar membaca Kitab Suci dan Shalat saja, tetapi melakukan kebaikan lain seperti bersedekah ataupun membantu orangtua.

5. Tetap bersyukur dan Keep Smile

Rasa lapar yang anda tahankan tersebut mungkin belum apa-apa jika dibandingkan dengan orang-orang yang menahan lapar berhari-hari lamanya karena tidak punya apa-apa untuk membeli makanan. Oleh karena itu tetaplah bersyukur dan tersenyum dengan apa yang telah diberikan kepada kita.

Itulah beberapa Tips tetap kuat puasa tanpa sahur, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel