Tips agar kuat berkendara jauh saat puasa

Tips agar kuat berkendara jauh saat puasa - Bulan Ramadhan1436 H telah tiba, namun meski tubuh tidak diberi asupan lebih dari 12 jam, umat Islam tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Tips agar kuat berkendara jauh saat puasa

Bahkan diakhir-akhir bulan Ramadhan, sangat banyak sekali rakyat Indonesia yang melakukan perjalanan jauh menuju kampung halamannya, yang akrab disebut dengan 'Mudik', tujuannya yaitu supaya bisa merayakan hari raya atau lebaran bersama dengan keluarga tercinta.

Untuk bisa tetap melakukan aktivitas seperti berkendara jauh di bulan puasa, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tubuh tidak terlalu lelah setelahnya.

1. Utamakan waktu tidur yang cukup

Hal ini karena biasanya waktu tidur yang sedikit bergeser karena adanya sahur. Untuk itu, guna mendapat waktu tidur yang berkualitas, maka sebaiknya jangan tidur terlalu larut malam jika esoknya anda akan melakukan perjalanan jauh.

2. Jangan paksakan diri jika badan terlalu lelah

Hal ini cukup ampuh untuk membuat perjalanan anda aman dan lancar. Memaksakan diri untuk berkendara dikala badan sedang lelah justru akan membahayakan anda dan pengguna jalan lain. Sebaiknya sempatkan waktu beristirahat untuk melakukan relaksasi dalam perjalanan.

3. Hindari mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi

Sebelum melakukan perjalanan jauh, jangan memakan nasi putih terlalu banyak. Ini dikarenakan nasi putih menyebabkan tubuh bekerja lebih keras di dalam perut sehingga badan terasa lemah hingga mengantuk di perjalanan.

4. Memperbanyak asupan air putih di saat sahur dan berbuka

Selain untuk melancarkan metabolisme dan mencegah badan kekurangan cairan, mengonsumsi air putih lebih dianjurkan sebelum melakukan perjalanan jauh dibanding mengunsumsi minuman manis yang justru akan membuat anda mudah haus.

Itulah beberapa Tips agar kuat berkendara jauh saat puasa, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel