Pemabuk dan pezina lebih baik dari orang yang tidak puasa

Pemabuk dan pezina lebih baik dari orang yang tidak puasa - Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan telah tertera dalam Al-Quran dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :


" Hai orang-orang yang berikan, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. "

Pemabuk dan pezina lebih baik dari orang yang tidak puasa

Perintah ini dipertegas oleh Bukhari dan Muslim. Dalam riwayat, keduanya menyebut bahwa puasa adalah salah satu dalam rukun Islam setelah syahadat, shalat dan zakat, atau sebelum haji.

Namun masih banyak orang yang menganggap sepele perintah ini. Padahal jika tidak ada halangan yang begitu berat, seperti sakit, hamil, menyusui ataupun dalam perjalanan berarti itu wajib diberlakukan kepada kita.

Imam Adz-Dzahabi dalam riwayatnya pernah menyebut bahwa orang yang tidak puasa dengan sengaja maka dinilai lebih buruk dari pemabuk dan pezina.

" Bagi kaum mukmin, orang yang meninggalkan puasa tanpa sakit atau uzur syari, maka dia lebih hina dari pelaku zina dan pemabuk khamar. Bahkan keislamannya diragukan dan dia digolongkan sebagai orang-orang zindiq ( orang yang tidak berpegang teguh pada agama ) dan menyimpang. "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel