PEMBERITAHUAN

Blog baru bernama Lobanggelap - LobangGelap merupakan sebuah blog yang membahas berbagai kategori dalm kehidupan yang tentunya akan menambah pengetahuan maupun wawasan anda.
Kunjungi blog LobangGelap DISINI
Home » » Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang

Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang

Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang - Puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Ada beberapa hal yang menyebabkan pahala puasa kita jadi berkurang atau kurang afdol. Bahkan bisa saja membuat puasa kita menjadi sia-sia dalam kata lain kita hanya sekedar menahan lapar dan haus.

Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang

Berikut ini Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang :

1. Menundukkan pandangan

Menahan lapar dan haus sudah lancar kita lakukan. Namun apa yang kita lihat dan kita dengar agak sulit dihindari. Maka Islam menganjurkan untuk menghindari diri dari yang haram.

Jibir bin `Abdillah menyampaikan petuah yang sangat bagus :
" Seandainya kamu berpuasa maka hendaklah pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu turut berpuasa dari hal-hal dusta dan haram serta janganlah kamu menyakiti tetangga. Bersikap tenang dan berwibawa lah di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari berpuasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.  "

2. Menjaga lisan

Dalam keseharian, kita tidak akan terhindar dari perbuatan berdusta, ghibah, gunjing, memaki, bertengkar, banyak bercanda gurau, berdebat serta segala hal yang bisa mengundang kebencian hingga permusuhan.

Rasulullah SAW pernah bersabda, " Sesungguhnya puasa adalah perisai, apabila seseorang diantara kamu berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan bertindak bodoh. Jika ada seseorang menyerang atau memaki, maka katakanlah " sesungguhnya aku sedang berpuasa, sesungguhnya aku sedang berpuasa." "

3. Menjaga telinga

Segala yang haram diucapkan, berarti haram pula untuk didengarkan, dam segala hal yang haram tentunya akan berpengaruh pada nilai puasa seseorang. Dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa kedudukan orang yang suka mendengar perkataan bohong dengan sengaja maka sama artinya dengan memakan barang haram, " Mereka itu lah yang suka mendengar berita bohong. banyak memakan barang haram " ( Qs. Al-Maidah ; 42 )

4. Hindari keharaman, walau telah berbuka

Hindari tangan, kaki dan segala panca indera dari hal yang haram, walau telah berbuka. Tidak ada artinya menahan diri seharian dari makanan yang halal, namun setelah berbuka kembali melakukan hal-hal yang haram bahkan dibenci Allah SWT.

Rasulullah SAW juga bersabda, " Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tedak mendapatkan dari puasanya itu sendiri selain lapar dan dahaga. " ( HR. Nasai dan Ibnu Majah ).


Bayangkan jika hanya menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh, tanpa mendapatkan pahala dan ridho dari Yang Maha Kuasa. Intinya kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita bersungguh-sungguh dalam berpuasa dan berharap ridho dari Yang Maha Kuasa ?
Komentar Anda ?
Bagikan ke teman-teman :

18 komentar:

  1. Replies
    1. lagi ngirit suaranya ,maklum lgi puasa :p

      Delete
    2. puasa suara juga penting ya kang

      Delete
  2. menahan dari lapar dan haus memang lebih mudah dibandingkan menahan hawa nafsu panca indera kita yamas.
    makasih infonya

    ReplyDelete
  3. kalau membully dikolom komentar termasuk mengurangi ibadah puasa nggak mas? :D

    ReplyDelete
  4. Kita berpuasa itu untuk melatih diri supaya menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas serta menahan amarah dari hal apapun dan bersyukur umat islam bisa menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
  5. Jika kita bisa melakukan 4 hal diatas, insya allah puasanya jadi makin abdol ya mas :D. . bener tuh apa yg dikatakan kang Yanto, lbih mudah menahan haus dan lapar ketimbang menahan hawa nafsu :D

    ReplyDelete
  6. nah dengan membaca hal yang membuat pahala puasa kita berkurang moga-moga puasa saya tahun ini pahalanya ngga berkurang...kan udah ngga melakukan hal yang diatas itu...kan

    ReplyDelete
  7. kadang dosa keluar dari lisan, makanya lebih baik mengunci lisan dari hal tidak berguna. dosa juga bisa keluar dari mata, maka lebih baik menjaganya dari hal yang merugikan. kadang dosa bisa keluar dari kuping, karena suka mendengar kabar keburukan orang lain. dosa bisa juga keluar dari mana aja, namun kita harus memahami cara menghindarinya. makasih atas ilmunya gan.

    ReplyDelete
  8. kalo menerapkan ke-4 diatas pasti puasa kita akn lebih barokah dan tidak akan sia-sia yah mas :)

    ReplyDelete
  9. da gimana kang pandangan itu tuh. seka melesat begitu saja. tanpa gas tanpa kopling langsung melesat.

    ReplyDelete

Jika ingin memberi komentar, harap manfaatkan sebijak mungkin !! ( Authors )

Tulisan Lainnya

 
Kontak Admin : Facebook | Gogle+ | Twitter | Belajar Bisnis Gratis DISINI !!
Copyright © April 2015 | TulisanKu - Hal Cipta Dilindungi
Kreasi Template oleh Creating Website, Dipublikasikan oleh Mas Template
Ucapan Kebanggaan kepada Blogger