Apa yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar ?

TulisanKu - Bumi berotasi dengan kecepatan 1600 km/jam. Sejarah menunjukkan, rotasi bumi melambat 2 detik per 100 ribu tahun. Eksperimen ini mempercepat perlambatan itu untuk melihat efek nya pada kehidupan bumi sebesar 1 km/jam per hari. Perlambatan hingga berhenti total  dirancang memakan waktu 5 tahun.

Berikut adalah hal yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar.

Apa yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar ?

1. Kekacauan navigasi pesawat

Satelit ikut berputar di atas bumi menyesuaikan dengan waktu di darat. Perlambatan rotasi di bumi menyebabkan satelit keliru memposisikan pesawat, dan pesawat akan mendarat di tempat yang tidak seharusnya. Dengan kata lain, akan banyak terjadi kecelakaan pesawat terbang. Penerbangan mungkin akan digunakan untuk hal-hal penting saja.

2. Pertambahan durasi hari

Perlambatan rotasi bumi menyebabkan perpanjangan hari. 1 hari bukan 24 jam lagi. Tetapi akan bertambah menjadi 28 jam setelah 5 bulan. Jam pun sudah tidak bisa diandalkan lagi.

3. Bumi menjadi tidak bulat sempurna

Rotasi bumi menyebabkan bumi menjadi tidak bulat sempurna, tetapi agak lebar di khatulistiwa karena putarannya. Dan yang melebar adalah laut yang terkumpul di khatulistiwa.

4. Banjir dan kekeringan

Kalau rotasi melambat, Laut akan mengalir ke kedua kutub yang menyebabkan banjir di Eropa dan surut di khatulistiwa, termasuk Indonesia.

5. Naiknya tekanan udara

Bukan hanya laut, udara akan mengalir ke khatulistiwa dan menyebabkan naiknya tekanan udara. Paru-paru orang Indonesia akan bisa pecah menghirup udara seperti itu, begitu juga dengan sebaliknya bagi orang-orang yang tinggal di belahan bumi urata dan selatan.

6. Terganggunya kehidupan Flora dan Fauna

Hewan yang bermigrasi akan kebingungan dengan hari yang terus bertambah panjang, dan akhirnya mati kepanasan atau kedinginan. Tanaman juga akan tersiksa karena terik matahari dan dinginnya malam yang bertambah panjang.

7. Aktivitas Geologi bertambah Ekstrim

Gempa bumi dan gunung meletus di lokasi yang biasanya aman, penyebabnya adalah gesekan yang timbul oleh lapisan-lapisan bumi yang perlambatannya berbeda-beda.

8. Melemahnya medan magnet bumi

Putaran inti bumi menghasilkan medan magnet yang melindungi bui dari radiasai matahari. Tapi kalau sudah terlambat, medan magnet ini akan melemah dan rotasi metahari bebas masuk dan membuat kanker kulit pada manusia.

9. 1 Hari = 13 hari normal

Setelah melewati masa 4 tahun, 1 hari akan = 13 hari normal. Semua manusia akan mengalami Jet lag permanen, tidak bisa tidur karena hari masih terang, Eropa, Amerika selatan dan Afrika akhirnya akan perlahan tenggelam.

10.  Munculnya benua baru

Di khatulistiwa, akan munculnya benua baru akibat surutnya air laut. Sumatera, Jawa dan Kalimantan akan terhubung dengan dangkalan sunda, sedangkan Papua dan Australia akan terhubung dengan dangkalan Sahul. Orang-orang akan berbondong-bondong untuk pindah ke tanah baru yang tidak banjir dan mengharapkan masih bisa untuk bernafas lega.

11. Satu hari akhirnya = 1 tahun

Setelah 5 tahun, bumi berhenti total, tetapi masih tetap berevolusi ( mengelilingi matahari ). 1 hari = 1 tahun, terdiri dari 6 bulan siang  yang suhunya bisa mencapai 50 derajat celsius, dan 6 bulan malam yang suhunya bisa mencapai (minus) -50 derajat celsius.

12. Hancurnya populasi manusia

Kemungkinan besar, seluruh manusia akan tewas, mungkin ada juga sebagian kecil kelompok manusia yang berpindah ke tempat yang tidak kebanjiran dengan tekanan udara yang nyaman.

Syukurlah, selama ini bumi masih bersahabat dengan kita semua. Bayangkan saja jika bumi berhenti berputar, hal-hal yang tertera diatas kemungkinan besar akan terjadi. Tetapi, semua yang diramalkan, semua yang di prediksi, tidak akan lepas dari campur tangan dan kuasa Allah SWT.


Referensi Tambahan: Kebun Berita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel