Manfaat limbah sebagai sumber energi alternatif

Manfaat limbah sebagai sumber energi alternatif - Limbah yang selama ini dikenal tidak banyak gunanya, ternyata bisa digunakan salah satunya yaitu untuk sumber energi alternatif, tepatnya pada limbah kelapa sawit.

Manfaat limbah sebagai sumber energi alternatif

Untuk membangun pembangkit listrik berbahan limbah kelapa sawit, diperlukan dana sebesar US$2 juta per megawatt (MW). " Kira-kira setiap megawatt, kami memerlukan US$1, 5-2 juta. Tetapi itu sangat variatif dan tidak bisa diambil patokan, " Ungkap Chief Operating Officer (COO) Sumberdaya Sewatama, Koes Prakoso, dalam diskusi yang bertema " Energi Kita " di Dewan Pers, Jakarta (24/6).

Koes mengatakan, pihaknya telah menjajaki 3 pabrik kelapa sawit untuk digandeng menjadi mitra penyedia limbah nya. Saat ini, ada 3 pabrik yang telah dijajaki, yaitu 2 pabrik di Kalimantan dan 1 di Sumatera.

" Yang kami tawarkan yaitu akan investasi dengan pembelian teknologi, pengoperasian, pembelian mesin dan penjualan listrik kepada PLN, " Tambahnya.

Rata-rata pabrik yang ditemui itu menghasilkan limbah sebanyak 60-90 ton perjam nya. Setiap 60 ton limbah menghasilkan listrik 1, 5-1,7 MW, bahkan sampai 3 MW listrik. " Itu tergantung seberapa konsisten dan berkelanjutannya produksi. " Pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel