Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang

Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang - Puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Ada beberapa hal yang menyebabkan pahala puasa kita jadi berkurang atau kurang afdol. Bahkan bisa saja membuat puasa kita menjadi sia-sia dalam kata lain kita hanya sekedar menahan lapar dan haus.

Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang

Berikut ini Hal yang membuat pahala puasa kita berkurang :

1. Menundukkan pandangan

Menahan lapar dan haus sudah lancar kita lakukan. Namun apa yang kita lihat dan kita dengar agak sulit dihindari. Maka Islam menganjurkan untuk menghindari diri dari yang haram.

Jibir bin `Abdillah menyampaikan petuah yang sangat bagus :
" Seandainya kamu berpuasa maka hendaklah pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu turut berpuasa dari hal-hal dusta dan haram serta janganlah kamu menyakiti tetangga. Bersikap tenang dan berwibawa lah di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari berpuasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.  "

2. Menjaga lisan

Dalam keseharian, kita tidak akan terhindar dari perbuatan berdusta, ghibah, gunjing, memaki, bertengkar, banyak bercanda gurau, berdebat serta segala hal yang bisa mengundang kebencian hingga permusuhan.

Rasulullah SAW pernah bersabda, " Sesungguhnya puasa adalah perisai, apabila seseorang diantara kamu berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan bertindak bodoh. Jika ada seseorang menyerang atau memaki, maka katakanlah " sesungguhnya aku sedang berpuasa, sesungguhnya aku sedang berpuasa." "

3. Menjaga telinga

Segala yang haram diucapkan, berarti haram pula untuk didengarkan, dam segala hal yang haram tentunya akan berpengaruh pada nilai puasa seseorang. Dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa kedudukan orang yang suka mendengar perkataan bohong dengan sengaja maka sama artinya dengan memakan barang haram, " Mereka itu lah yang suka mendengar berita bohong. banyak memakan barang haram " ( Qs. Al-Maidah ; 42 )

4. Hindari keharaman, walau telah berbuka

Hindari tangan, kaki dan segala panca indera dari hal yang haram, walau telah berbuka. Tidak ada artinya menahan diri seharian dari makanan yang halal, namun setelah berbuka kembali melakukan hal-hal yang haram bahkan dibenci Allah SWT.

Rasulullah SAW juga bersabda, " Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tedak mendapatkan dari puasanya itu sendiri selain lapar dan dahaga. " ( HR. Nasai dan Ibnu Majah ).


Bayangkan jika hanya menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh, tanpa mendapatkan pahala dan ridho dari Yang Maha Kuasa. Intinya kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita bersungguh-sungguh dalam berpuasa dan berharap ridho dari Yang Maha Kuasa ?
Komentar Anda ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel