Yang benar, Perempuan atau Wanita ?

Sekarang pindah ke www.rapikan.com



Yang benar, Perempuan atau Wanita ? - Apakah perbedaan dari kata ' Perempuan ' dan ' Wanita ? Lalu, apakah salah satu dari dua kosa kata tersebut ada yang salah, baik dari segi penyebutan, maupun penempatannya ?

Yang benar, Perempuan atau Wanita ?
Yang benar, Perempuan atau Wanita ?
1. Pengertian

Wanita adalah sebutan yang digunakan untuk Homo Sapiens berjenis kelamin dan mempunyai alat reproduksi bernama Vagina.
Sedangkan Perempuan adalah salah satu dari dua jenis kelamin manusia dan memiliki jenis kelamin yang sama dengan wanita. Berbeda dari wanita, istilah perempuan dapat merujuk pada orang yang telah dewasa maupun anak-anak.

2. Perbedaan
  • Makna Etinologis
Dalam etimologi Jawa, kata Wanita berasal dari frasa Wani Ditoto atau berani diatur. Sebutan wanita dimaknai berdasarkan kemampuannya untuk tunduk dan patuh pada laki-laki sesuai dengan perkembangan budaya di tanah jawa pada masa tersebut.

Sementara itu, menurut bahasa Sangskerta, kata Perempuan berasal dari kata ' Per-empu-an'. ' Per' bermakna makhluk, dan 'empu'  berarti mulia, tuah atau mahir. Jadi dapat disimpulkan bahwa kata Perempuan berarti seorang makhluk yang mulia, atau memiliki kemampuan.
  •  Definisi berdasarkan kamus
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Perempuan berarti orang ( Manusia ) yang mempunyai puki, dapat menstruasi, bisa hamil, melahirkan anak dan bisa menyusui. Sedangkan wanita adalah istri /  bini yang sedang hamil.  betina (khusus untuk hewan), sedangkan kata wanita bermakna perempuan dewasa, kaum-kaum putri (dewasa).

Dari pernyataan tersebut, kata Wanita jauh lebih enak didengar. Padahal, pengertian kata wanita dalam kamus Kuno Jawa-Inggris dahulu bermakna ' Yang diinginkan '. Dalam kasus ini, perempuan dianggap sebagai obyek, yaitu sesuatu yang dinginkan seorang laki-laki. Sebaliknya, Kata Keperempuanan menurut KBBI pada tahun 1998 bermakna 'Kehormatan sebagai perempuan'.
  • Makna yang berubah
Sadar atau tidak sadar, pemaknaan kata perempuan dan wanita berubah seiring berjalannya waktu. Kata wanita mengalami perubahan yang semakin positif. Sebutan tersebut merupakan suatu bentuk halus dari kata perempuan. Sebaliknya, kata perempuan mengalami penurunan makna di kalangan masyarakat sosial.

Mungkin inilah penyebabnya, yang ada hanya " Komnas Perempuan ", bukan " Komnas Wanita ". Atau nama kementrian yang melindungi kesejahteraan perempuan adalah Kementrian Pemberdayaan Perempuan, bukan Kementrian Pemberdayaan Wanita.

3. Kesimpulan

Dalam memaknai kedua kosa kata tersebut, jatuh kepada diri kita sendiri. Bagaimana kita ingin menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, melalui pemikiran rasional dan akal sehat kita.
Secara umum, keduanya tidak menghadirkan perbedaan yang signifikan dari segi apapun. Keduanya pun juga tidak akan salah jika digunakan dalam bersosial di masyarakat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel