Cara mudah mengetahui ular berbisa atau tidak

TulisanKu - Setelah mendengar kata 'ular', biasanya kita akan langsung ngeri. Langsung terbayang gigitan dan mengalirkan bisa yang mematikan. Tetapi kita mengetahui ular tersebut berbisa atau tidak, hanya saja susah untuk membedakannya.

Menurut para peneliti dan ilmuwan, Mengetahui seekor ular itu berbisa atau tidaknya bisa dilihat dari bentuk fisik, tidak hanya dari bentuk fisik, mengetahui ular tersebut berbisa atau tidak, juga bisa dilihat dari beberapa sisi. Berikut ulasannya.

Cara mudah mengetahui ular berbisa atau tidak

Cara mudah mengetahui ular berbisa atau tidak

1, Ular berbisa tidak agresif

Kebanyakan ular yang agresif cenderung tidak berbisa. Mereka hanya sekedar menakut-nakuti atau sekedar bertahan jika mereka terusik. Itulah cara mereka untuk mengusir predator.

Lebih berhati-hatilah pada ular yang kelihatan tenang dan bergerak lambat. Ular-ular jenis ini justru memiliki bisa yang tinggi. Contohnya seperti King Cobra, ular ini biasanya cenderung berjalan lambat walaupun sedang terusik. Jika merasa sudah benar-benar terusik, dia akan mematuk dan meninggalkan bisa pada korban.

2. Tidak perlu membelit

Cara mudah mengetahui ular berbisa atau tidak

Ular berbisa tidak perlu membelit saat melawan predator atau membunuh mangsanya. Sebab dengan satu gigitan saja, kita bisa tergeletak dan tidak berdaya, bahkan menimbulkan kematian. Sementara bagi ular yang tidak berbisa, cenderung melilit mangsanya hinga mati.

3. Bentuk kepala

Bentuk kepala ular yang tidak berbisa biasanya seperti telur. Sementara untuk ular berbisa, Mereka memiliki bentuk kepala segitiga. Namun yang perlu diingat adalah selalu ada pengecualian. Contohnya ular Cobra yang tidak memiliki bentuk kepala segitiga, tetapi bisanya sangat mematikan.

4. Jenis gigitan

Cara mudah mengetahui ular berbisa atau tidak

Apabila anda digigit ular, coba perhatikan bekas gigitannya tersebut. Jika memiliki bekas dua titik akibat taring ular, maka jelas bahwa ular tersebut berbisa. Namun jika bekas luka tersebut berupa deretan gigi yang tersusun rapi ( bekas gigitannya akan melengkung membentuk gigi ), maka itu bukanlah ular yang berbisa.

5. Tidak langsung pergi

Ular berbisa cenderung menunggu korban yang ia gigit mati dihadapanya. Sehingga setelah menggigit, contohnya ular Cobra, akan tetap diam di tempat. Berbeda dengan ular yang tidak berbisa, mereka akan cenderung langsung pergi setelah menggigit apa saja yang mengusiknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel