Cara mudah membedakan madu asli dan palsu

TulisanKu - Maraknya penjual madu palsu membuat para konsumen akan selalu berfikiran negatif terhadap penjual madu. Sebagian besar dari kita akan selalu pesimis bahwa madu yang ditawarkan tidak asli alias palsu, apalagi jika ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau dan diluar batas kewajaran. Memang untuk membedakan madu asli dengan yang palsu bisa dikategorikan susah-susah gampang.

Madu palsu yang beredar di pasaran, jenisnya berbeda-beda. Mulai dati campuran madu asli dengan gula, sampai tanpa ada unsur madu nya sedikitpun.

Berikut beberapa Cara mudah membedakan madu asli dan palsu.

Cara mudah membedakan madu asli dan palsu

1. Dibakar di atas sendok

Taruhlah madu di sebuah sendok logam, bakar bagian bawah sendok dengan api atau lilin. Jika madu tersebut asli, maka akan mendidih hingga terlihat busa nya tumpah dari sendok. Jika madu tersebut palsu, akan terlihat mendidih juga, tetapi busa nya tidak sampai tumpah.

2. Dengan kertas koran

Teteskan madu pada kertas atau koran. Tahukah anda ? Madu yang asli tidak akan membuat kertas tersebut basah atau robek. Sedangkan madu yang palsu akan terserap kedalam kertas dan akhirnya robek, dikarenakan kandungan air nya yang lebih tinggi.

3. Menggunakan korek api

Masukkan batang korek api kedalam madu beberapa saat, Ambil dan pantikkan korek tersebut hingga menyala. Bila madu asli, korek akan tetap menyala. Begitu juga sebaliknya.

4. Dengan segelas air

Teteskan setetes madu kedalam segelas air. Madu asli akan segera jatuh ke dasar air, dan tetap berkumpul tanpa bersatu dengan air.

5. Dimasukkan kedelam freezer

Masukkan ke dalam frezer atau kulkas. Madu asli tidak akan membeku.

6. Dicampur dengan kuning telur

Campur dan aduk madu dengan kuning telur bebek. Bila madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat setengah matang.

Kita sebagai konsumen dituntut untuk lebih 'pintar' sebelum membeli produk madu yang ditawarkan. Jangan sampai manfaat yang ingin kita dapatkan dari madu, tidak kita peroleh. Bahkan membawa masalah terhadap kesehatan tubuh kita.


Itulah beberapa Cara mudah membedakan madu asli dan palsu, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel